Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia
Modifikasi tempat Ban Serep - Versi Cetak

+- Avanza Xenia - Forum Pemilik / Pengguna Avanza & Xenia (http://www.avanzaxenia.net)
+-- Forum: Serba-Serbi Avanza / Xenia (/forumdisplay.php?fid=4)
+--- Forum: Modifikasi, Tips & Trik (/forumdisplay.php?fid=19)
+--- Topik: Modifikasi tempat Ban Serep (/showthread.php?tid=1852)


Modifikasi tempat Ban Serep - Kenio_ridholilo - 15-01-2007 14:56

Kalo di perhati-perhatiin
posisi ban serep AX ini kurang menguntungkan
terutama kalo pas gembos/ atau musti ganti ban di jalan
karena harus buka dudukan/ sekrup dengan lebih 20 kali putaran
...coba bayangkan kalo hujan atau malem
Terus masanginnya repot banget ... (coba Nike bisa engga?)
harus ngangkat ban supaya pas dengan Kaitnya ...
Aku kemarin liat kolong ternyata AX ini bisa kok
dimodif tempat ban serep di bagian dalem kaya sedan ? (biar engga repot kalo pas dapet halangan)
Gimana nih pendapat para suhu Smile


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - stieven - 15-01-2007 15:07

repot tapi aman..kalo pengait yang di bukanya dibawah gitu..kyk apv bnyak yg copot ,,ban ilang dijalan


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Bobby Sant - 15-01-2007 15:17

Khan ada Astra World Yagak


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Chandra - 15-01-2007 15:25

sebenernya sih praktis.. buka bagasi.. ambil kunci.. putar skrup yg di dalam bagasi (gw punya bagasi soale he he).. tu ban turun sendiri..
nah.. yg repot, masang ulangnya HahaHahaHaha

di pinggir aja repot, apa lagi di tengah Bro Kenio ...


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Nike - 15-01-2007 15:36

Kenio_ridholilo Menulis:
Kalo di perhati-perhatiin
posisi ban serep AX ini kurang menguntungkan
terutama kalo pas gembos/ atau musti ganti ban di jalan
karena harus buka dudukan/ sekrup dengan lebih 20 kali putaran
...coba bayangkan kalo hujan atau malem
Terus masanginnya repot banget ... (coba Nike bisa engga?)
harus ngangkat ban supaya pas dengan Kaitnya ...
Aku kemarin liat kolong ternyata AX ini bisa kok
dimodif tempat ban serep di bagian dalem kaya sedan ? (biar engga repot kalo pas dapet halangan)
Gimana nih pendapat para suhu Smile


eeeiitss.. dah pernah dan berhasil donk Oom Kenio.. HahaYagak sbetulnya klo hujan sih gpp, kan kita pas masang ban serep di dudukannya lagi pasti posisi pintu bagasi kebuka jadi ga keujanan Tongue1, tapi... emang repot & berat sih ngankat ban serep biar pas dudukannya itu... Hikhik


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - SaPiE - 15-01-2007 16:04

paling simpel ya ban serep taro di balik jok belakang, hehehehe.....


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Prio - 15-01-2007 16:21

Modifikasinya mungkin bukan tempatnya om, tapi dudukan yg megang ban serep, krn sepintas saya liat ban serep saya agak benjol2 krn kejepit besi dudukannya. Sptnya nggak dirancang untuk ban radial (ban yg tebal). Bisa di klaim nggak ya ini?


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Chandra - 15-01-2007 17:11

Prio Menulis:
Modifikasinya mungkin bukan tempatnya om, tapi dudukan yg megang ban serep, krn sepintas saya liat ban serep saya agak benjol2 krn kejepit besi dudukannya. Sptnya nggak dirancang untuk ban radial (ban yg tebal). Bisa di klaim nggak ya ini?


eh, gw belum ngecheck om.. gw jg radial punya, ban cadangannya...
he he.. cuma agak berisik aja besinya kalo mentok body..


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Don - 15-01-2007 19:09

Kenio_ridholilo Menulis:
Kalo di perhati-perhatiin
posisi ban serep AX ini kurang menguntungkan
terutama kalo pas gembos/ atau musti ganti ban di jalan
karena harus buka dudukan/ sekrup dengan lebih 20 kali putaran
...coba bayangkan kalo hujan atau malem
Terus masanginnya repot banget ... (coba Nike bisa engga?)
harus ngangkat ban supaya pas dengan Kaitnya ...
Aku kemarin liat kolong ternyata AX ini bisa kok  
dimodif tempat ban serep di bagian dalem kaya sedan  ? (biar engga repot kalo pas dapet halangan)
Gimana nih pendapat para suhu Smile


gw paling males ganti ban, makanya gw beli pompa elektrik aja, kalo kempes tinggal gue pompa, trus cari tukang tambal ban deh. suruh copot, tambal & pasang balik. Topdeh
dan barangkali itu ban pada ngertiin gw, sampe udah ganti ban empat2nya minggu lalu, satupun ban2 itu belom pernah ada yg kempes/bocor. dan gw belom pernah buka2 ban termasuk ban serep.
mudah2an ban yg sekarang juga begitu.
untuk itu makanya gw agak anti pake ban tipis, takut sobek kalo kena lobang yg dalem. mending pake ban profil tebel aja deh biar lebih tahan bantingan. Yagak


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - RonZ - 15-01-2007 19:46

Kenio_ridholilo Menulis:
Kalo di perhati-perhatiin
posisi ban serep AX ini kurang menguntungkan
terutama kalo pas gembos/ atau musti ganti ban di jalan
karena harus buka dudukan/ sekrup dengan lebih 20 kali putaran
...coba bayangkan kalo hujan atau malem
Terus masanginnya repot banget ... (coba Nike bisa engga?)
harus ngangkat ban supaya pas dengan Kaitnya ...
Aku kemarin liat kolong ternyata AX ini bisa kok  
dimodif tempat ban serep di bagian dalem kaya sedan  ? (biar engga repot kalo pas dapet halangan)
Gimana nih pendapat para suhu Smile



Bro Kenio, kalo gak salah beberapa minggu yg lalu pernah diposting dimilist sebelah utk menyimpan spare tyre di kabin belakang (tapi hrs rela mengorbankan bangku belakang utk dilipat selama ban cadangan tsb masih akan disimpan di kabin belakang).

Saya mau coba mengutip caranya tapi postingannya hilang, intinya dibuatkan besi yang mengait kedudukan kunci bangku ketiga dan dipatenkan dengan semodel mur plastik (seukuran center hole velg) sbg penahan sehingga ban gak goyang/bergeser.

Mungkin ada yg bisa bantu, sekiranya rekan2 masih punya copy postingan tsb dari milist AXIC ?


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - frans - 16-01-2007 08:39

Don Menulis:

Kenio_ridholilo Menulis:
Kalo di perhati-perhatiin
posisi ban serep AX ini kurang menguntungkan
terutama kalo pas gembos/ atau musti ganti ban di jalan
karena harus buka dudukan/ sekrup dengan lebih 20 kali putaran
...coba bayangkan kalo hujan atau malem
Terus masanginnya repot banget ... (coba Nike bisa engga?)
harus ngangkat ban supaya pas dengan Kaitnya ...
Aku kemarin liat kolong ternyata AX ini bisa kok??
dimodif tempat ban serep di bagian dalem kaya sedan??? (biar engga repot kalo pas dapet halangan)
Gimana nih pendapat para suhu Smile


gw paling males ganti ban, makanya gw beli pompa elektrik aja, kalo kempes tinggal gue pompa, trus cari tukang tambal ban deh. suruh copot, tambal & pasang balik. Topdeh
dan barangkali itu ban pada ngertiin gw, sampe udah ganti ban empat2nya minggu lalu, satupun ban2 itu belom pernah ada yg kempes/bocor. dan gw belom pernah buka2 ban termasuk ban serep.
mudah2an ban yg sekarang juga begitu.
untuk itu makanya gw agak anti pake ban tipis, takut sobek kalo kena lobang yg dalem. mending pake ban profil tebel aja deh biar lebih tahan bantingan. Yagak


kayaknya cara om Don bisa ditiru nih ...daripada bongkar pasang sendiri .. Smile


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Nurtaranto - 16-01-2007 08:53

Prio Menulis:
Modifikasinya mungkin bukan tempatnya om, tapi dudukan yg megang ban serep, krn sepintas saya liat ban serep saya agak benjol2 krn kejepit besi dudukannya. Sptnya nggak dirancang untuk ban radial (ban yg tebal). Bisa di klaim nggak ya ini?


wah bahaya tuh klo ban benjol dipake, bisa meledak di jalanExclamation

selama masih garansi bisa dklaim k a2k, om bob sudah sekali diganti ban cadangannya o a2k karena benjol...Gaya


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - hendra - 16-01-2007 09:06

Untuk mengurangi benjol , ban saya ganjal pake karet ( sandal jepit dgn bahan agak keras ), di bagian besi penyangga yang menekan ban.

Untuk bagian atasnya sendal jepit tadi bisa di tempel pake lem biar gak lepas. Sebulan sekali ( atau pas lagi cuci mobil sendiri) ban di puter posisinya biar gak di satu titik aja tekanannya.

hendra.setiaji


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Nurtaranto - 16-01-2007 11:07

hendra Menulis:
Untuk mengurangi benjol , ban saya ganjal pake karet ( sandal jepit dgn bahan agak keras ), di bagian besi penyangga yang menekan ban.

Untuk bagian atasnya sendal jepit tadi bisa di tempel pake lem biar gak lepas. Sebulan sekali ( atau pas lagi cuci mobil sendiri) ban di puter posisinya biar gak di satu titik aja tekanannya.

hendra.setiaji


bisa jg ganti dgn yg punya Av/Xe vvti, udah ada plat besi pengganjelnya tuh..Wink
sy sendiri naro ban cadangan di dalam bagasi (kursi ke3 dilipat), kecuali kalo kursi ke3 mo dipake baru ban ditaro di bawah


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Kenio_ridholilo - 16-01-2007 11:45

Om Don, om Nurtaranto
cara itu berarti mematikan fungsi Jok belakang bukan ?
nah yang aku pikirin tuh : Fungsi Jok belakang tetap kepakai dan ban aman di dalam & beersih
Caranya :
plat di dek belakang dipotong di las dibikin gembung keluar
mirip punya sedan jadi Posisi kabin tetap rata (tidak ada ban diluar) dan tertutup rapi dibawah Jok
Aku melihat posisi atas ban serep AX ini masih terdapat celah untuk dimodif seperti sedan Smile
cuma belum tahu... siapa yg pernah coba?


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - stieven - 16-01-2007 11:59

berarti bemper belakang hrs di tambahin body kit dong biar gak keliatan tonjolan plat nya?? sekarang aja ban tetep keliatan kok dr belakang apalgi tambah plat pastinya lebih keliatan krn ban kan hrs bener2 masuk kedalam agar bs ditutup dan kursi ke 3 bisa dipakai.


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Chandra - 16-01-2007 12:01

Kenio_ridholilo Menulis:
Om Don, om Nurtaranto
cara itu berarti mematikan fungsi Jok belakang bukan ?
nah yang aku pikirin tuh : Fungsi Jok belakang tetap kepakai dan ban aman di dalam & beersih
Caranya :
plat di dek belakang dipotong di las dibikin gembung keluar
mirip punya sedan jadi Posisi kabin tetap rata (tidak ada ban diluar) dan tertutup rapi dibawah Jok
Aku melihat posisi atas ban serep AX ini masih terdapat celah untuk dimodif seperti sedan Smile
cuma belum tahu... siapa yg pernah coba?


idenya seru Om Kenio.. tapi gak mungkin jg gw ikutan kali ya.. secara bangku belakang udah gak ada dari awal boil di beli .... DIGANTI WAJAAANNNNNNNNNNNNNNNNN HahaHahaHaha


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - stieven - 16-01-2007 12:03

siap goreng2 dongHahaHaha

namanya jg serep ,berarti kan cadangan,kalo cadangan kan adanya di luar..bener gak chanHaha


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Kenio_ridholilo - 16-01-2007 12:07

stieven Menulis:
siap goreng2 dongHahaHaha

namanya jg serep ,berarti kan cadangan,kalo cadangan kan adanya di luar..bener gak chanHaha


waduh ...itu mah dapat di analogikan dengan
'Simpenan' yang ada didalem..... wakakakak Smile


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Prio - 16-01-2007 12:46

Kenio_ridholilo Menulis:
Caranya :
plat di dek belakang dipotong di las dibikin gembung keluar
mirip punya sedan jadi Posisi kabin tetap rata (tidak ada ban diluar) dan tertutup rapi dibawah Jok
Aku melihat posisi atas ban serep AX ini masih terdapat celah untuk dimodif seperti sedan Smile
cuma belum tahu... siapa yg pernah coba?


Wah, sebetulnya ini ide yg bagus. Tapi kalau mau diterapkan di A/X maka ada salah satu besi rangka / chasis melintang yg harus dipotong. Chasis ini bisa dilihat dari kolong belakang mobil kok.
Tapi kalau sdh potong chasis jadinya nggak safe lagi dong....


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - stieven - 16-01-2007 12:50

bob pinjem gambar llu yah



perhatiin garis hijau.. kalo itu gak ditutup ,dri belakang akan kelihatan,saran gua ditutup ama body kit..

bob gua mau tanya kabel merah itu untuk apa( garis panah)


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Chandra - 16-01-2007 13:03

stieven Menulis:
bob pinjem gambar llu yah



perhatiin garis hijau.. kalo itu gak ditutup ,dri belakang akan kelihatan,saran gua ditutup ama body kit..

bob gua mau tanya kabel merah itu untuk apa( garis panah)


itu pita kampanye anti AIDS bro ... Haha


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - stieven - 16-01-2007 13:26

aktivis juga yah si bos satu itu....


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Budi JS - 16-01-2007 15:20

SaPiE Menulis:
paling simpel ya ban serep taro di balik jok belakang, hehehehe.....


sepertinya ban serep Xe/Av memang diharamkan masuk kabin.
ini terlihat dari sistem penyimpanan ban serep, yang tidak memungkinkan untuk dikancing jika ban serepnya diambil.
pernah waktu ban kempes di rumah, setelah ganti dgn ban serep, niatnya mau masukin ban ke kabin soalnya tukang ban gak jauh dari rumah, tapi gak bisa.
sebab, penahan ban gak bisa dikaitkan secara ketat jika tidak keganjal ban serep itu sendiri.
kalo dilanjutkan jalan, bisa-bisa pengait terlepas akibat guncangan di jalan.


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - RonZ - 18-01-2007 21:09

Budi JS Menulis:

SaPiE Menulis:
paling simpel ya ban serep taro di balik jok belakang, hehehehe.....


sepertinya ban serep Xe/Av memang diharamkan masuk kabin.
ini terlihat dari sistem penyimpanan ban serep, yang tidak memungkinkan untuk dikancing jika ban serepnya diambil.
pernah waktu ban kempes di rumah, setelah ganti dgn ban serep, niatnya mau masukin ban ke kabin soalnya tukang ban gak jauh dari rumah, tapi gak bisa.
sebab, penahan ban gak bisa dikaitkan secara ketat jika tidak keganjal ban serep itu sendiri.
kalo dilanjutkan jalan, bisa-bisa pengait terlepas akibat guncangan di jalan.


Bisa koq Pak Budi.
Pernah kejadian ban bocor di kantor dan ganti sementara pake spare tyre. Ban yg bocor saya simpan di kabin tengah dan penahan ban cadangan saya biarkan kosong dan dikaitkan kembali di kancing.

Bisa koq dikancingkan pengaitnya sampe ketat, cuma lumayan jontor aja muter bautnya Haha


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Budi JS - 19-01-2007 06:38

oh ya, coba nanti saya lihat lagi...
waktu itu sih seingat saya, sudah habis ulirnya tapi pengaitnya masih bebas naik turun.


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - RonZ - 19-01-2007 11:27

Budi JS Menulis:
oh ya, coba nanti saya lihat lagi...
waktu itu sih seingat saya, sudah habis ulirnya tapi pengaitnya masih bebas naik turun.



Benar Pak Budi, diputar sampai habis ulirnya. Pengaitnya emang masih bisa bebas naik turun, tp utk sementara lumayan daripada pengaitnya lepas ... krn walaupun pengaitnya masih bebas naik turun akan tetapi ngunci jadinya.

Konsekuensinya palingan pas lwt jalan jelek, ada sedikit suara cetak cetuk besi beradu dari belakang .... hehehehhe


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - zhe_ya - 19-01-2007 13:02

Gak usah pake serep, pake run flat tyre aja kayak 120i Toungue


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - robby - 19-01-2007 13:33

kalau saya, ban masuk ke dalam boil nah pengaitnya itu yang nyantol di bemper belakang (dudukannya berupa lobang) dikasih ganjelan busa bekas sendal jepit dibuat melingkar menutupi baut pengaitnya jadi tidak akan bergerak jika kita lewat jalan jelek, sampai sekarang nggak masalah Topdeh


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - Nurtaranto - 19-01-2007 16:06

robby Menulis:
kalau saya, ban masuk ke dalam boil nah pengaitnya itu yang nyantol di bemper belakang (dudukannya berupa lobang) dikasih ganjelan busa bekas sendal jepit dibuat melingkar menutupi baut pengaitnya  jadi tidak akan bergerak jika kita lewat jalan jelek, sampai sekarang nggak masalah Topdeh


ide menarik nih!Gozkirpma jd ingin nyoba, soale klo belok agak tajam n lewat jln jelek bunyi besi beradunya lumayan ngeganggu..Sad


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - zhe_ya - 20-01-2007 05:45

Ingat mekanisme simpan ban serep kijang kapsul? Yang dikerek pake sling dan diputar pake kunci dongkrak? Nah ganti yang seperti itu aja, lebih enak.
Apalagi kalo mutarnya pake motor kecil, tinggal tekan tombol UP / DOWN LuvorlustLuvorlust


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - midipo - 01-06-2010 01:33

mungkin gak ya ban serep dipindah tempat digantung di pintu bagasi ? seperti pada rush / terios.
apakah kekuatan pintu bagasi dan engselnya bisa menahan berat ban serepnya ?
095

http://s842.photobucket.com/albums/zz349/midipo/Cars/?action=view¤t=backserep.jpg
ini bikin dimana ya ?


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - dianfatur - 01-06-2010 08:16

bantu upload fotonya dulu ...



cakep juga yah ..., para suhu ada yg pernah ngotak-ngatik kaya gini ... 095


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - edwpkc - 01-06-2010 16:11

takut ke depannya masalah di engsel & shock pintu nih, itu pun kl sering buka tutup.
soalnya ga cocok dengan pintu hatchback yg buka ke atas, kl rush terios kan buka pinggir...cmiiw
trus berarti tambah panjang jd perkiraan mundur harus tambah jauh....


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - midipo - 01-06-2010 19:10

iya khawatirnya pintu bagasi tidak kuat menahan berat ban serep pada saat bagasi dibuka.
tapi kalo ada solusinya, ini cukup menarik untuk membuat AX berasa lebih SUV hehe.... Whistling


RE: Modifikasi tempat Ban Serep - boqep - 27-08-2010 08:52

wah lumayan riskan jg y...tp untung sy ada towing blakang jd aga ribet cos pas ban pacul saya pecah di batu karan butuh 3 orang buat bongkarnya krn kehalang ma towing blkg...tp hrus lbh waspada lg d.thx for info